Monday, December 19, 2011

Seperti mimpi...

Zzzzzz.... Hooooaaaam, aku pun terbangun dari tidur siang ku... Seketika itu, aku merasa bahwa keberadaanku di rumah nenekku tercinta akan segera berakhir... Aku harus kembali ke tanah rantau untuk kembali mengabdikan diri di kampus '3 warna'...

19 Desember 2011, awalnya aku awali pagi hari ini dengan perasaan biasa-biasa saja. Setelah semalam aku merasakan tidur yang pulas di kamar yang sudah 7 tahun lamanya aku gunakan untuk melepas lelah setelah menjalani aktifitas seharian penuh. Kamar bercat putih dan diisi sebuah tempat tidur, 2 buah lemari dan satu meja belajar. Kamar yang selalu menjadi tempatku mendapatkan inspirasi, sekedar istirahat, menampung tawaku bahkan hingga menemaniku kala aku mengeluarkan tangisan yang " luar biasa " 3 dan 6 tahun yang lalu.

Aku menjalani pagi ini dengan suasana yang bahagia karena bisa menikmati indahnya pagi di kampung halaman. Dan seperti biasanya, nenekku menyuguhkan segelas besar teh hangat untukku dan seluruh penghuni rumah ini. Oya, pagi ini ibuku pun ada disini karena semalam ibuku menginap disini. Seperti biasa pula, aku dan adikku segera menyalakan televisi dan duduk bersama menyaksikan film kartun serta berita olahraga. Kejadian yang menjadi kebiasaanku dan penghuni rumah ini terasa sekali, aku seperti bernostalgia setelah lama tak merasakan kejadian seperti ini. Watak disiplin nenekku pun tak hilang ternyata... hehehehe... Nenekku selalu meminta seluruh penghuni untuk makan di pagi hari dan mandi di pagi hari, tak boleh lebih dari jam 7 pagi.... hehehehehe... luar biasa... ^_^ Nenekku memang " Supeeer sekali... "
Setelah itu aku pun bercengkeramah dengan adikku dengan bermain game... hahahahahaha...
Singkat cerita, hari ini aku melalui segala kegiatan hingga pukul 14.00 WIB. Saat itu cuaca mulai mendung, dan aku iseng membuka kulkas untuk melihat apa isinya. Ternyata ada eskrim yang kemarin aku beli bersama ibuku. Akhirnya aku dan adikku rame-rame makan eskrim itu.... mmmmmm, yummy... ^_^
Ketika itu nenek dan kakekku sedang duduk santai dan aku pun menawarkan eskrim tersebut kepada keduanya... hehehehe... Untungnya kakek dan nenekku mau... ^_^ akhirnya kakek dan nenekku pun ikut makan eskrim itu. Aku senang sekali bisa berbagi dengan kakek dan nenekku yang sejak 7 tahun yang lalu merawatku di rumah ini. Dan setelah itu, aku pun tertidur di kamar kesayanganku. Setelah 2 jam aku tertidur, aku pun terbangun. Seketika itu aku merasakan kekhawatiran karena ini sudah sore dan pertanda bahwa keberadaanku disini akan segera berakhir. Aku terbangun dan ketika itu ibu dan adikkku masuk ke dalam kamarku. Aku terbangun hanya terdiam karena rasanya semua aktifitasku kemarin seperti mimpi dan harus berakhir malam ini juga. Akhirnya ibuku mengajakku pergi untuk membeli sesuatu di Alfamart baru yang ada di desaku, adikku yang meminta. Akhirnya dengan sedikit rasa tak ingin beranjak dari tempat tidur, karena aku masih ingin 'disini'... Aku pun bangun dan bersih diri sebelum aku mengantar ibuku pergi.

Yaaaa, semuanya harus berakhir malam ini. Malam dimana saat aku harus meninggalkan keluargaku tercinta, meninggalkan rumah kakek dan nenekku tercinta, meninggalkan desa pangkah yang indah, meninggalkan kabupaten tegal yang " Ngangeni lan mbetahi ".
Aku kembali ke tanah rantau dengan segala asa yang ingin aku tunjukan kepada keluargaku sebagai persembahan bahwa aku sayang mereka.
Do'akan anakmu ini, ibu dan ayah...
Do'akan cucumu ini, kakek dan nenek...
Do'akan kakakmu ini, adikku...
Tersenyumlah mengantar kepergianku, Kotaku tercinta...


Sebuah kisah " Detik-detik menuju keberangkatanku ke tanah rantau"
  -' The Little Prince '-
@ Rumahku, Pangkah, Kabupaten Tegal 

No comments:

Post a Comment